Kamis, 03 September 2020

Jenis Plastik Vacuum Sealer Tentunya Yang Khusus Pengemasan Ini

 

Jenis Plastik Vacuum Sealer

Jenis plastik vacuum sealer biasanya menggunakan plastik vakum jenis nilon. Jenis plastik vakum ini merupakan kemasan yang banyak digunakan oleh pelaku usaha dalam pengemasan produknya. Agar produk yang dihasilkan bisa terlindung dan lebih awet saat di distribusikan.

 Plastik Vacuum Makanan Kpack 15x25 20x30 Cm 100 PCS Sinbo Vacum Sealer Bag,  Vakum Seal Kedap Udara | Lazada Indonesia

Plastik kemasan ini sebenarnya mempunyai prinsip yang sama dengan kemasan yang lainnya, yaitu sama bertujuan untuk menjaga kualitas rasa pada produk. Namun kemasan vacuum memiliki kelebihan diantaranya dapat menjaga keawetan kue lapis kemasan lebih lama sekitar kurang lebih 6 bulan.

 

Dengan plastik kemasan vacuum maka makanannya yang ada didalamnya dapat terjaga kuallitasnya sehingga ketika dibuka kemasannya oleh konsumen kondisi dan rasa kue lapis tetap terjaga dan masih baik untuk dikonsumsi. Karena dengan kemaan vacuum ini tidak akan terkontaminasi oleh bahan-bahan yang berbahaya baik kotoran dan debu ketika proses distribusi.

 

Kemasan vacuum memiliki kelebihan dari bahan plastik lainnya, yaitu dengan kemasan vacuum kita bisa mencegah oksigen yang masuk kedalam kantong dan dapat menjaga kelembapan udara pada produk sehingga dapat memperpanjang keawetan produk. Kemasan vacuum juga memiliki tampak yang transfaran sehingga dapat memperlihatkan produk yang kita kemas dengan jelas kepada pelanggan. Selain itu meski disimpan dalam jangka waktu lama produk tetap segar dan juga tahan panas dan robek.

 

Plastik kemasan ini dapat kita cetak desain dan kode tanggal, seperti waktu produksi dan waktu kadaluarsanya, selain itu kita juga dapat menambahkan informasi-informasi mengenai kandungan dalam makanan sehingga konsumen bisa mengetahui apakah makanan tersebut layak dimakan atau tidak.

 

Sebelum kita lebih jauh untuk bagaimana cara kita menggunakan kemasan vacuum sebaginya anda mengetahui dahulu jenisnya, diantaranya:

 

Bahan Plastik LDPE atau Low Density Polyethylene

Plastik kemasan dari baha ini biasanya sering digunakan untuk kemasan makanan atau kemasan minuman dalam botol. Biasanya plastik ini bisa didaur ulang namun agak sulit karena lebih tebal dibandingkan dengan plastik pada umumnya. Plastik ini jarang didaur ulang namun jika didaur ulang maka ia akan dijadikan sebagai bahan pembuat ubin lantai. Walupun bahan ini sulit untuk dihancurkan namun tetap baik lho untuk kemasan makanan! Karena kemasan ini mampu untuk menjaga produk agar sulit bereaksi secara kimiawi dengan bahan makanan.

 Plastik Nylon PE - Plastik Vacuum - Kemasan Hampa Udara

Plastik ini merupakan thermoplastik yang terbuat dari minyak bumi. Dan biasanya jenis ini untuk digunakan sebagai pembungkus roti dan makanan beku lainnya (frozen plastic bags). selain itu plastik ini biasanya ditemukan pada pembungkus baju, kantung pada layanan, pembungkus buah buahan agar tetap segar dan pada botol pelumas.

 

Bahan Plastik Nylon.

Biasanya kemasan vacuum yang terbuat dari plastik nylon dikenal sebagai bahan yang cukup tebal sehingga mampu untuk melindungi produk makanan yang dikemasnya. Meski dalam ketebalan tertentu tidak dapat dengan mudah untuk tergores maupun rusak, selain irtu plastik ini mampu unt8uk beradaptasi dengan situasi dan kondisi yang ekstrem sehingga baik untuk makanan ringan maupun makanan bahan makanan lainnya akan tertap terjaga.

 

Harga plastik nylon dibandingkan plastik kemasan HDPE jauh lebih mahal karenamemiliki keunggulan dalam kelenturannya, tidak mudah longgar dan tahan lama. Plastik ini mampu untuk digunakan dalam meningkatkan daya tahan lama kadaluarsa suatu produk. Dengan tidak adanya udara yang ada didalam kemasan maka mikroorganisme yang bisa menyebabkan basi tidak dapat berkembang biak.

 

Jenis Plastik Vakum

 

Vakum Bag

Material kemasan ini terbuat dari PE dan Nylon yang memiliki ketebalan hingga 80 micron. Biasanya kemasan ini untuk membungkus makanan jenis seafod, bakso, ikan, daging, kacang, beras dan sosis. Harga jual vakum bag per pcsnya Rp280.

 

plastik vakum ini digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Dengan adanya bariernylon, udara tidak bisa masuk lagi ketika udara di dalam vakum sudah keluar. Dengan tidak adanya udara dalam kemasan maka mikroorgnisme yang menyebabkan bau dan basi tidak bisa berkembang biak sehingga makanan lebih awet berbulan-bulan dibandingkan jika menggunakan plastik lainnya.

 

Stand Up Pouch Cairan

Kemasan ini terbuat dari material Pe plus nylon juga hanya saja lebih tebal dibandingkan dengan vakum bag. Tebalnya mencapai 140 micron. Plastik kemasan ini menggunakan plastik yang tebal dengan seal. Biasanya digunakan untuk mengemas produk yang berbentuk cairan seperti minyak goreng, sabun cair, kecap dan lain-lain.

 

Plastik ini menggunakan mesin yang canggih sehingga cairan diplastik dipastikan tidak akan bocor. Kemasan ini juga bisa divakum sehingga bisa menghilangkan gelembung udara di dalam kemasan. Harga kemasan ini lebih mahal dibandingkan dengan vakum bag, per pcsnya dijual Rp 800.

 

Tips Menggunakan Plastik Vakum

Menggunakannya sebenarnya sama dengan menggunakan kemasan pada lainnya. Biasanya direkatkan atau diseal dengan menggunakan mesin vacuum sealer. Sebuah alat yang digunakan untuk mengemas plastik vakum.

 

Vacuum sealer akan membuat kemasan vacuum hampa udara yang menyebabkan proses dioksidasi atau perkembangan oksigen akan ditekan sedemikian rupa sehingga bakteri akan berkembang biak jauh lebih lama dibandingkan dengan proses oksidasi alami.

 

Karena bakteri berkembang tanpa proses suhu ruangan yang akan menyebabkan proses pembusukan berjalan lebih lama sehingga jika makanan akan mulai membusuk tiga hingga empat hari namun jika dikemas dengan plastik vakum yang telah divakum selaer maka makanan akan lebih awet hingga 15-20 hari.

 Vakum - Jual Plastik Kemasan Vakum & Plastik Vacuum Sealer

Dengan kemasan ini setidaknya dapat menghemat sedikit biaya pengemasannya. Selain itu dengan kemasan ini anda mampu untuk menjaga kualitas anda lebih lama. Demikian pembahasannya tentang jenis plastik vacuum sealer yang sangat breperan sekali dalam industry makanan. Semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar