Kamis, 29 Juli 2010

Sukses Dalam Bisnis Fotocopy





Berikut tips dan trik yang perlu anda perhatikan dalam bisnis fotocopy



1.Lokasi

Menurut saya ini adalah komponen penting dalam suksesnya usaha. Sperti para guru marketing, yang paling penting dlm usaha adalah location,location,location.

Lokasi2 dekat sekolah,universitas,kantor adalah lokasi yg menurut saya cukup strategis.



2.Persaingan

Stelah kita dapatkan lokasi,lihatlah persaingan.jika terlalu banyak jual fotocopy di sekitar lokasi yang kita pilih,maka usaha kita akan mengalami tantangan yang cukup berat.dimana kita tidak bisa menentukan harga semau kita.



3.Mesin fotocopy



Pemilihan mesin fotocopy juga sangat penting. Untuk pemilihan mesin fotocopy menurut saya sangat tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan.



Kalo pelanggan kita mahasiswa,pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau.untuk mendapatkan harga produksi per lembar yang murah maka mesin rekondisi adalah pilihan yang tepat karena mesin fotocopy rekondisi jauh lebih murah.

untuk kualitas, mesin analog memiliki kualitas yang lebih rendah d banding digital namun mesin analog lebih murah dan lebih mudah untuk diperbaiki



3. Consumable & spare part

Semakin murah consumable (toner & kertas) semakin besar pula margin keuntungan kita. Untuk bersaing dengan jual fotocopy lain kita harus pintar dalam mendapatkan comsumable yg murah.untuk kertas kita bs gunakan kertas plano potong.untuk toner kita bisa gunakan toner compatible tidak harus orisinal.



Hal perlu diingat adalah,jangan karena harga kita mengorbankan kualitas.kertas plano potong kadang sangat sulit ditarik mesin fotocopy dan sering membuat jam.

Sedangkan toner compatible suka membuat drum tidak awen dan merusak sparepart mesin. Untuk itu harus dilakukan test satu persatu dan liat hasilnya. Untuk toner saya sudah coba beberapa jenis toner,pilihan saya jatuh pada eop.walaupun harganya lebih mahal sedikit,tapi tonernya membuat mesin saya jadi awet. Dg catatan kita gunakan np6030.kalo ir5000 saya gunakan toner orisinil.



4. Supplies

Modal barang seperti alat tulis dan lainnya juga sangat penting dalam menentukan besarnya keuntungan usaha copy center kita.dapatkan barang2 tersebut dari grosir utama sperti d mangga dua atau pasar pagi.smakin banyak anda belinya,semakin murah harganya. Jika pelanggan anda mahasiswa/pelajar,alat tulis merek joyko atau kenko sangat cocok,karena harganya yg terjangkau



5. Layanan

Layanan yg beragam akan membuat copy center anda seperti layaknya supermarket yg menjual banyak barang. Smakin lengkap barang dan layanan anda,smakin besar keuntungan yang anda dapatkan



6.Kualitas

Jika anda tidak dapat bersaing harga,maka anda perlu bersaing dalam kualitas.di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga.jadi anda punya pangsa pasar yang menurut saya tidak sedikit



Demikian tips dan trik dari saya semoga membantu





http://bisnis.fenue.co.id/

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar