Senin, 15 Maret 2010

Cara Memilih Studio Musik Yang Baik

Studio musik adalah tempat sebuah band latihan musik mennyatukan kekompakan mereka dalam bermusik sehingga menghasilkan musik dan lagu yang indah kegiatan bermusik mereka yang nantinya dapat menghasilkan sebuah karya yang dapat di nikmati banyak orang dan dapat menghibur banyak orang.
di bawah ini adalah beberapa tips dalam memilih studio musik :

1. Mendata studio

Kumpulkan semua data lengkap tentang Studio Digital Recording, Ada beberapa cara untuk mengumpulkannya, Pertama, lewat iklan di majalah, khususnya majalah musik bisa juga toko musik / toko alat musik terdekat atau bisa juga dengan mencari di internet ( pada umumnya yang berpromosi adalah studio-studio yang besar saja, sementara studio kecil tetapi layak, kadang tidak mempunyai cukup dana untuk berpromosi lewat iklan) atau bisa juga menurut refrensi dari teman2 loe sesama musisi yang lebih dulu rekaman, coba cek di Studio Digital Music dan Studio Music.

2. Cek perlengkapan musik yang ada di dalam studio

Apabila datang ke sebuah studio rekaman, jangan terlalu “silau” dengan peralatan canggih yang dimiliki oleh sebuah studio. Bukan hanya peralatannya, tetapi keadaan ruangan operator sebuah Studio Digital Music dan Studio Music, selain memperhatikan alat musik dan sound sistemnya agar loe tidak kecewa dalam hasil rekamannya.

Belum lagi desain ruangan juga bisa memengaruhi hasil rekaman. Berikut beberapa tips dalam memilih ruangan Studio Digital Recording.

- Sebisa mungkin hindari ruangan berbentuk persegi karena ruangan seperti ini kualitas akustiknya kurang baik.

- Ukuran ruangan jangan kurang dari 40 meter persegi. Ukuran ruangan kurang dari itu kualitas akustiknya kurang baik.

- Ketinggian plafon jangan kurang dari 10 meter untuk menghindari pantulan suara yang berlebihan.

3. Contoh rekaman

Setelah loe menemukan Studio Recording dan Mixing Studio dengan peralatan dan tata ruang yang baik. Cobalah meminta contoh rekaman yang pernah dibuat oleh studio Music tersebut. Lebih bagus lagi apabila contoh rekaman yang mereka buat punya warna musik yang sama dengan genre musik yang band loe mainkan.

4. Mengenal operator rekaman

Operator rekaman sama pentingnya dengan peralatan rekam yang mahal dan canggih. Karena tanpa operator rekaman.

yang andal, maka peralatan rekam secanggih apa pun akan menjadi percuma aja.
Dari hasil contoh rekaman milik studio Recording, kita bisa mengetahui seperti apa kualitas operator rekaman / Recording yang dimilikinya.

5. Harga sewa

Terakhir, setelah mengecek secara keseluruhan Studio Recording dan Mixing Studio atau lainnya, cobalah periksa lagi secara teliti harga sewa studio musik ( rekaman ). Jangan sampai ada poin yang terlewat karena bisa saja loe mendapatkan tambahan biaya yang karena belum termasuk dalam paket sewanya. Tanyakan secara detail apakah instrumen musik, pita rekam, penyimpanan data komputer, sampai keping CD Music termasuk dalam harga paket rekamannya.

semoga tips di atas bermanfaat untuk anda dan group band anda.

http://simphonymusic.com


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar