Rabu, 03 Agustus 2011

Bicara Harga Jual Tiket Pesawat Untuk Mudik

Di musim mudik lebaran biasanya harga jual tiket pesawat melonjak tinggi karena permintaan tiket pesawat yang begitu tinggi dan hal ini tentunya sangat memberatkan untuk membeli tiket pesawat tersebut, bagaimana cara mendapatkan tiket peawat murah, simak tips berikut:

1. Daftarkan email anda ke tiap-tiap website maskapai untuk mendapatkan promosi dari maskapai. mulailah dengan satu-persatu website maskapai penerbangan

2. Tentukan tujuan tempat liburan yang akan kita lakukan. Hal tersebut sudah pasti harus kita lakukan, kalau tidak pasti susah kalau kita mau mencari harga tiket pesawat promo / murah maupun untuk menentukan anggaran.


3. Hafalkan tanggal libur nasional atau paling tidak punya kalender libur nasional 1 tahun ke depan. Karena seringkali promo tiket pesawat yang diberikan bisa dibeli makin murah untuk tahun depan.


4. Punya peta dunia atau google maps. Fungsinya memiliki peta dunia adalah supaya kita dapat membayangkan jarak yang harus kita tempuh dari satu kota ke kota lain

5. Punya Kartu Kredit. Ini sebenarnya tidak begitu. Tapi pada umumnya kalau tiket pesawat yang harus dibeli secara online itu mewajibkan pemilik kartu kredit untuk ikut dalam perjalanan tersebut.


6. Telitilah dengan jam penerbangan jika kita ingin melakukan perjalanan point to point (sambung menyambung) dalam 1 hari.


7. Telitilah jika ingin membeli layanan tambahan dalam suatu penerbangan yang biasanya di sediakan oleh tiap-tiap maskapai. Pada umumnya, maskapai murah meriah kini kerap menggunakan berbagai cara untuk menggiring pelanggan agar membayar lebih untuk berbagai fitur atau layanan tambahan yang mereka tawarkan. Yang dimaksud dengan menggiring disini adalah, mengeluarkan berbagai komponen yang semula merupakan layanan pasti jika kita membeli tiket pesawat di maskapai besar dan memberikan biaya ekstra supaya kita memperoleh layanan tersebut. Pada umumnya Layanan tambahan yang kini harus berbayar adalah:
a. Bagasi 15 kg (dan lebih), makin berat bagasinya makin mahal biayanya, aturan tas tangan yang masuk kabin kini makin ringan, hanya 7 kg untuk maskapai terkenal murah meriah dari Malaysia itu dan umumnya 10 kg untuk maskapai lain.
b. Makanan dan minuman. Kalau untuk perjalanan domestik mungkin tidak terlalu berat membayar tiket pesawat dalam rupiah, namun jika perjalanan keluar negeri itu kita akan dikenakan biaya sesuai dengan mata uang negara keberangkatan, jatuhnya pasti akan lebih mahal untuk harga makanan atau minuman yang sama.
c. Nomor tempat duduk. Mau duduk di samping jendela atau dimanapun jika Anda mau pilih nomor sendiri kini bisa dikenakan biaya tambahan.
d. Asuransi. Jika sudah punya asuransi perjalanan sendiri, sudah tentu kita tidak perlu lagi membelinya. Namun, jika untuk perjalanan cukup jauh, saya sarankan sebaiknya kita membelinya.

8. Rajin datang ke Pameran Wisata/Travel Expo. Umumnya pameran ini diselenggarakan 3-4 kali dalam setahun. Pengamatan saya pada umumnya di bulan November, Maret, Mei dan Agustus. Jadi hendaknya kita rajin untuk mencari info tentang pameran ini, biasanya kalau di Jakarta diadakan di Jakarta Convention Center. Tapi kadang juga ada di mal besar kawasan Kelapa Gading ataupun Senayan.
Pada saat pameran ini justru saat promo berbagai maskapai internasional menawarkan harga murah. Dengan kualitas layanan yang lebih baik rasanya harga tiket pesawat promo yang ditawarkan tidak kalah murah dengan maskapai-maskapai murah meriah itu.

9. Ikutan milis traveling. Ini saya rasa cukup membantu karena banyak sekali info yang bisa kita dapat untuk perjalanan murah meriah tidak hanya promo tiket pesawat. Di tambah anda dapat bertanya pengalaman para peserta forum/milis mengenai maskapai yang Anda ingin tumpangi.

Demikian tipsnya semoga dapat menginspirasi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar