Senin, 22 Agustus 2011

Membahas Peluang Bisnis Musiman Menjelang Lebaran

Menjelang hari raya lebaran banyak sekali kebutuhan yang perlu di beli bagi setiap umat muslim, karena umat muslim ingin menyambut lebaran dengan segala sesuatuhal yang baru, terutama hati yang baru, keperluan umat muslim menjelang lebaran banyak di manfaatkan bagi pengusaha bisnis Dari mulai bisnis makanan, bisnis pakaian, bisnis perlengkapan ibadah, bisnis parcel, hingga beberapa bisnis jasa dapat dijadikan sebagai peluang besar untuk meraih untung dihari lebaran, bagi anda yang ingin mencoba peluang usaha musiman di hari raya simak beberapa ide bisnis yang dapat anda lakukan menjelang bulan puasa dan hari raya lebaran:

1. Bisnis kue kering lebaran

Salah satu bisnis yang dapat menghasilkan untung berlipat dimomen lebaran adalah bisnis kue kering lebaran. Karena hampir semua orang membutuhkan kue kering untuk dijadikan suguhan dihari lebaran, kebutuhan konsumen akan kue kering dapat meningkat tajam dibandingkan hari – hari biasa. Hal itu dapat dijadikan sebagai peluang untuk ikut meramaikan bisnis lebaran. Bagi ibu rumah tangga yang hobi membuat kue, bisnis ini tidak sulit untuk dijalankan.

2. Bisnis parcel lebaran

Bisnis lain yang ikut meramaikan bisnis lebaran yaitu bisnis parcel lebaran. Adanya budaya mengirimkan parcel kepada para kerabat, dapat dijadikan peluang bisnis yang cukup menguntungkan. Dari mulai parcel berisi makanan, hingga parcel yang berisi perabotan rumah tangga dapat dijadikan sebagai tawaran paket parcel yang diminati para konsumen. Dengan bermodalkan ketrampilan menghias bingkisan parsel, Anda dapat memperoleh omset hingga jutaan rupiah dari bisnis parcel lebaran.

3. Bisnis busana lebaran

Selain budaya saling mengirimkan parsel kepada para kerabat dihari lebaran, budaya yang tidak pernah ditinggalkan masyarakat menjelang lebaran adalah membeli busana lebaran. Setiap menjelang lebaran hampir semua bisnis pakaian selalu penuh dengan pembeli serta kebanjiran permintaan pesanan dari para agen. Permintaan yang meningkat tajam biasanya order untuk bisnis baju muslim. Dari mulai baju muslim yang belum memiliki brand hingga baju muslim yang telah memiliki merek terkenal banyak dicari oleh para konsumen. Cara untuk menjalankan bisnis tersebut dengan modal kecil, dapat dicoba dengan menjadi reseller atau agen produk baju muslim yang telah memiliki brand.

4. Bisnis jasa penjualan tiket

Bisnis jasa penjualan tiket juga memperoleh dampak positif dari perayaan lebaran. Mudik ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga dihari lebaran, sudah menjadi kebiasaan utamabagi masyarakat di Indonesia. Maka tak heran jika penjualan tiket baik tiket pesawat, tiket bus, tiket kereta api, hingga tiket kapal menjadi buruan warga menjelang hari lebaran. Karena tidak mau kehabisan tiket, banyak konsumen yang lebih memilih memesan tiket yang dibutuhkan melalui agen penjualan tiket.

5. Bisnis jasa rental mobil dihari lebaran

Selain kendaraan umun, ternyata mobil pribadi yang disediakan jasa rental mobil banyak diminati para masyarakat yang telah berkeluarga dan hanya menempuh perjalanan yang tidak terlalu jauh. Dengan transportasi mobil rental lebih efektif dan efisien bagi keluarga, jika dibandingkan dengan menggunakan tranportasi umum. Bagi Anda yang memiliki investasi mobil, dapat mencoba peluang bisnis tersebut untuk meraih untung di bulan lebaran. Namun jangan asal ingin meraih untung saja, perhatikan pula prosedur adminstrasi yang digunakan bisnis rental mobil agar keamanan kendaraan yang dibawa konsumen tetap terjamin.

6. Bisnis jasa penitipan hewan peliharaan

Ide bisnis yang terakhir adalah jasa penitipan hewan peliharaan. Banyaknya masyarakat yang memelihara hewan, dan tidak dapat membawanya saat mudik. Membutuhkan adanya tempat penitipan hewan yang dapat menjaga hewan peliharaan selama ditinggal mudik pemiliknya. Jika Anda memiliki kecintaan terhadap hewan serta ketrampilan dalam merawat hewan, bisnis jasa penitipan hewan peliharaan dapat dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis di hari lebaran.

7. Bisnis jasa penitipan sepeda motor

Selain penitipan hewan peliharaan, bisnis penitipan sepeda motor juga banyak dicari masyarakat mejelang mudik lebaran. Para pendatang dari luar daerah biasa meninggalkan kendaraan bermotornya, dan lebih memilih mudik dengan menggunakan transportasi umum karena jarak tempuh perjalanan yang cukup jauh. Jika Anda memiliki tempat yang cukup luas, bisnis penitipan motor dapat dijadikan sebagai bisnis sampingan di hari lebaran.


Demikian Paparanya tentang ide bisnis musiman di hari raya lebaran, semoga bermanfaat dan menginspirasi anda dalam membuka peluang usaha bisnis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar