Rabu, 24 Agustus 2011

Paket Tour Eropa - Creita Liburan Ke Eropa

Bila anda ingin bepergian atau berlibur ke eropa untuk menikmati panorama tour yang indah ada beberapa tips yang perlu anda lakukan

bila ingin bepergian, jangan hanya nyiapin duit saja. Tapi jauh lebih baik jika kita ‘mengenal’ lebih dulu lokasi tujuan kita. Caranya? Bisa dari browsing atau dari cerita teman. Berikut ini teman kita Satrio Anugroho memberi tips perjalanan ke Eropa di sela-sela bussines trip awal Maret 2008 lalu.

Minggu pertama selama 4 hari berada di Nantes, sebelah barat Paris (Prancis bagian barat). Brangkatnya jam 1 siang pakai GA transit di Changi, tapi rada beruntung karena flight ke Paris dengan Air France (Boeing 777) baru jam 8 malam. So, lumayan deh dapat 2.5 jam ngider2 di Orchard.

triumpt_de_arc.jpg Sampai di Paris (Charles de Gaulle Apt) pagi besoknya, langsung transit ke connecting flight yg ke Nantes . Tapi rada kesel dengan pemeriksaan security yg ketat, termasuk keluar masukkan laptop untuk dicek. Untungnya gak separah kalo terbang ke US yg laptopnya harus dicoba hidupkan dulu. Tambah kesel lagi karena Air France (Boeing 737) yg ditumpangi delay 1.5 jam. Ternyata sama aja untuk urusan delay sama di negara kita. he..he..


Kebayang pertama, Nantes paling2 cuma kota kecil jika dibandingkan Paris yang pernah saya kitari di 10 thn lalu. Sampai di Nantes Apt jam 11 siang, langsung naik taxi ke hotel Mercure di area Central. Ternyata kotanya lumayan besar, kayak Semarang kali ya… tapi jalan2nya gak terlalu besar2 dan gak banyak mobil, jadi gak ada macet2an. Ada beberapa tempat wisata, tapi rata2 kastil dan kathedral/gereja tua.

Tips, kalo ke Prancis, cari hotel linknya Novotel/Mercure/Ibis dll (www.accorhotel.com) karena di seluruh Prancis sangat gampang dan paling banyak pilihannya (dari yg lux, moderate, sampai kelas Formule1 yg sangat ekonomis). Transportnya bisa pakai bis atau trem/train yg jalannya di sisi jalan mobil.

Karena selesai test hari Jumat dan flight ke Jerman masih hari minggu, maka Sabtu paginya langsung angkat koper… dan brangkat ke Paris . Dari Nantes ke Paris saya coba pakai TGV, bullet trainnya Prancis. Wah, nyaman dan cepat banget… tapi masih berasa ada goyangan, gak seperti Shinkansen yang seperti terbang dari rel.

Tips, kalo travelling di Prancis/Eropa dengan metode travel alone, memang enak pakai kereta untuk pindah antar negara. TGV kelas business (udah termasuk VIP kalo di Argo) dari Nantes ke Paris sktr Euro 53, kalau yg VIP atau Compartment sktr Euro 80-100. Waktu tempuh cuma 2 jam, padahal jaraknya sktr 350 km (speed rata2 TGV-nya 175 km/jam).

Sampai di Paris jam 12 siang, ya langsung check-in ke hotel dan ngider2 di sepanjang Champ de Ellysee, main street-nya Paris. Muter2 nemenin Client ke Arc de Triomph (di ujung de Ellysee), trus jalan ke Eiffel sambil ngelewatin Museum . Sampai di Eiffel cuma foto2 aja, soalnya si Client gak mau naik yang karena panjangnya antrian bisa makan waktu 3 jam-an sampai turun lagi. Trus balik lagi ke de Ellysee pakai Subway train.


Tips, kalo di Paris, cari hotel di sekitar Champ de Ellysee saja karena sangat dekat kemana2. Kalaupun ada lokasi yg agak jauh, bisa dicapai dengan Subway yg gak terlalu mahal. Karena lokasi strategis, harga hotel di prime area ini sangat mahal. Kelas Mercure yg di Nantes cuma Euro 102, di de Ellysee bisa diatas Euro 300! Waktu itu saya pilih Best Western dgn tarif Euro 99 dgn booking via internet


In general, kalau mau travel ke LN, coba aja googling untuk cari tiket pswt, hotel, local tour operator, dll yg paling murah. Saya sendiri walaupun business trip ditanggung kantor, tapi saya milih booking hotel dan transport di eropa sendiri. Biar gampang kalo mau sightseeing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar