Senin, 22 Agustus 2011

Kiat Tepat Berbisnis Parcel Lebaran



















Menjelang lebaran banyak sekali lahan bisnis musiman yang dapat anda lakukan dari mulai kue kering, baju muslim, sampai pada parcel lebaran, bagaimanakah cara berbisnis lebaran agar anda dapat memperoleh penghasilan yanglumayan saat menjelang lebaran simak tips berikut ini:

Konsumen

Target utama bisnis parcel lebaran adalah masyarakat umum yang merayakan hari raya Idul Fitri. Namun masyarakat umum juga dapat menjadi sasaran pasar bisnis tersebut, dengan adanya budaya mengirimkan parcel kepada saudara dan kerabatnya pada saat peringatan hari raya. Selain masyarakat individu, bisnis parcel lebaran juga menjadikan perusahaan – perusahaan swasta sebagai target pasar yang memiliki prospek pasar cukup besar. Karena biasanya perusahaan swasta memberikan bingkisan parcel lebaran kepada para karyawannya.

Produk

Kebanyakan parcel lebaran berisi makanan ringan dan minuman kemasan, namun seiring dengan berjalannya waktu kini parcel lebaran variasinya mulai meningkat berisi perabot rumah tangga seperti barang pecah belah. Harga parcel lebaran yang ada di pasaran juga bervariasi, dari mulai puluhan ribu bahkan ada pula yang mencapai harga hingga juataan rupiah, itu semua tergantung dengan ukuran dan isi parcel yang disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Umumnya satu bingkisan parcel lebaran berisi berbagai macam barang, berkisar antara 1 sampai 20 macam barang yang berbeda. Sebaiknya dalam memilih produk yang dijadikan sebagai isi parcel, perhatikan pula kualitasnya. Misalnya jika memilih parcel makanan atau minuman, sebaiknya perhatikan tanggal kadaluarsanya, agar tidak mengecewakan konsumen. Sedangkan untuk parcel yang berisi perabot, pilihlah perabot dengan teliti jangan sampai ada perabot yang cacat atau rusak.

Proses Packing

Biasanya parcel lebaran dibungkus dan dihias, untuk mempercantik penampilan parcel tersebut. Parcel lebaran dapat dikemas dengan menggunakan keranjang, atau kardus yang sudah di desain dengan tema lebaran. Untuk mempercantik kemasan, ditambahkan pula hiasan seperti pita, kartu ucapaan, hiasan seperti ketupat kecil yang identik dengan perayaan hari raya Idul Fitri.

Pemasaran

Untuk pemasaran bisnis paket lebaran, dapat dicoba dengan cara – cara berikut :

  1. Memasarkan langsung, kepada rekan – rekan dekat Anda. Atau dapat juga memasarkan secara door to door untuk wilayah sekitar rumah Anda
  2. Dapat juga dipasarkan dengan cara menitipkan produk parcel Anda, ke beberapa toko atau supermarket yang menjual paket parcel lebaran
  3. Cara yang ketiga yaitu dengan menawarkan paket parcel Anda ke perusahaan swasta, coba tawarkan melalui manajemennya. Agar Anda dapat membantu menyediakan parcel lebaran untuk semua karyawan perusahaan tersebut
  4. Cara yang keempat yaitu dengan memasarkannya melalui internet. Jangkauan internet yang luas, dapat membantu Anda memesarkan paket parcel lebaran hingga mencakup pesanan dari berbagai daerah.
Demikian tipanya semoga bermanfaat untuk anda, untuk menghasilkan banyak rupiah saat menjelang lebaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar