Kamis, 18 Agustus 2011

Trik Jual Beli Online di Internet


Iklan jual beli barang online di internet banyak sekali penipuan jadi anda harus berhati-hati teliti dulu sebelum membeli barang yang ingin anda beli, bagaimana caranya ?, simak tips berikut ini:

Untuk Penjual

1. Waspadai jika ada buyer yang mengatakan, "Saya minta cepat barang di antar hari ini dengan jumlah xxxx.. (agak banyak)". Tak jarang ini hanya untuk mendapatkan barang tanpa melakukan pembayaran.

2. Modus lainnya, "Saya udah transfer tolong kirim cepat" dan ternyata transferan tidak pernah dilakukan. Namun, cara ini cenderung bisa dihindari karena sebagian besar pemilik toko online sudah menggunakan SMS atau internet banking sehingga bisa melakukan pengecekan langsung.

3. Hindari transaksi Sabtu dan Minggu, karena pada hari tersebut mutasi rekening internet banking ikut libur.

4. Jika anda menerima pembayaran COD (Cash on Delivery), maka sebaiknya bawa teman untuk mengurangi tingkat penipuan (dihipnotis, di culik, diperas dll) dan lakukan di tempat yang ramai.

Untuk Pembeli

1. Pilihlah Website Yang jelas
Sebelum anda memutuskan bertransaksi di sebuah website, pastikan website tersebut terkenal atau jelas seperti Amazon (Baca: Cara Membeli Barang Di Amazon) dan pastikan website tersebut mencatumkan alamat yang jelas dan nomor telpon yang bisa di hubungi. Lakukan komunikasi dengan penjual secara intensif untuk mengetahui “style” si penjual.

2. Lihat Gambar dan Harga
Check, website tersebut menampilkan barang yang di jual apa tidak, jika tidak, sebaiknya hindari saja. Dan juga jangan lupa mengenai harga yang di tawarkan, jika lebih murah (tidak masuk akal), sebaiknya anda cari tempat yang lain.

3. Cara Pembayaran
Pilih website yang menggunakan pembayaran COD (cash On delivery) atau REKBER (lihat gambar di bawah), namun ini juga memiliki permasalahan dan kerumitan sendiri, sebab kita harus mengecheck lagi validasi atau kebenaran dari Rek Ber tersebut. Apabila si penjual hanya menerima pembayaran transfer, maka lakukan komunikasi secara intens, baik itu dengan sms, chatting atau yang lainnya.


4. Testimoni
Ini sebenarnya bukan jaminan, namun anda bisa menilai si penjual dari testimony atau komen dari para pembelinya, jika tidak terdapat testimony, maka anda bisa lakukan komunikasi seperti yang di sebut di atas.

5. Monitor Website Secara Berkala
Lakukan monitor terhadap website yang ingin anda jadikan sebagai tempat membeli barang, jika terjadi perubahan yang signifikan seperti data alamat dan nomor yg di hubungi, sebaiknya anda hindari saja.

6. Pelayanan Yang Bagus
Pilih penjual yang siap melayani anda kapan pun (jam normal) dan dengan proses yang cepat, jika anda mendapatkan penjual yang sangat lambat dan terkesan ogah-ogahan dalam menjual barangnya, maka tinggalkan saja.

7. Tanya di Forum jual beli
Cobalah mulai aktif di forum jual beli online, disana kita bisa berbagi pengetahuan dan saling info mengenai penjual yang baik dan tidak.

8. Cari di Google
Terutama bagi anda yang senang berbisnis dengan situs-situs luar negeri contoh caranya dengan mengetik scam atau kecewa lalu ketik nama website atau data penjualnya (dari Nama, Nama pemilik rekening, YM, dll) yang ingin anda bertransaksi apakah ada banyak member/resellernya yang mengungkapkan kekecewaanya karena bertaransaksi dengan website atau penjual tersebut? bila ada sebaiknya anda tinggalkan

Cara Melaporkan Penipuan Jual Beli Online

Mungkin sudah menjadi rahasia umum kalau kerja aparatur hukum kita terhadap laporan penipuan di online masih terlihat “ogah ogahan” dan dengan proses yang rumit. Namun begitu, anda bisa mencoba melaporkan penipuan transaksi online yang anda alami. Caramya:

1. Catat semua data si penjual tersebut, nomor telpon, alamat, foto dll.
2. Copy semua bukti seperti transaksi dan lainnya.
3. Laporkan dan berikan semua bukti tersebut ke kepolisian yang terdekat atau bisa kunjungi link ini http://www.reskrimum.metro.polri.go.id

Demikian caranya untuk jual beli barang di internet semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar